PERJUANGAN DALAM PELAYANAN

Baca: 2 Korintus 11:7-33


Bacaan tahunan: 2 Korintus 1-4

Terkadang saya agak terganggu saat melihat akun media sosial dari beberapa "oknum" pelayan Tuhan. Hampir setiap kegiatan pelayanan difoto, lalu diunggah di media sosial. Anehnya, mayoritas isi unggahan media sosial mereka terkait hal-hal yang menyenangkan, mulai dari wisata kuliner hingga rekreasi ke tempat yang sedang viral. Saya jarang mendapati unggahan terkait tantangan dan hambatan pelayanan, dimana mereka akhirnya menang atas tantangan dan pergumulan itu.

Seandainya Paulus termasuk hamba Tuhan yang galau dan hidup pada masa kini, mungkin status media sosial Paulus akan begini: Senin: karam kapal; Selasa: puasa karena tak ada makanan; Rabu: habis dihajar prajurit Romawi, tapi masih hidup; Kamis: cuma 39 pukulan? Kurang satu biar genap 40 kali!; dan seterusnya. Memang akhirnya Paulus harus menceritakan pengalamannya selama menginjil, tetapi bukan untuk membanggakan diri, apalagi demi menarik simpati dan komentar! Adanya ancaman dari para rasul palsu dan pekerja curang yang suka membanggakan diri membuat Paulus terpaksa curhat mengenai perjuangan pelayanannya. Jika dibandingkan, pengalaman Paulus tentu tak dapat dibandingkan dengan para rasul dan pekerja palsu itu!

Sejatinya, tak ada pelayanan atau penginjilan yang tanpa masalah. Namun, kasih karunia dan penyertaan Tuhan membuat semua itu dapat diatasi. Satu-satunya kebanggaan dalam pelayanan kita adalah ketika pelayanan kita dapat menyenangkan hati Tuhan, sekalipun harus melalui perjuangan berat. Mari tetap bersemangat melayani Dia! --GHJ/www.renunganharian.net


PELAYANAN YANG SEJATI JAUH DARI KENYAMANAN DAN KESENANGAN YANG BERSIFAT TERUS-MENERUS!


Navigation

Change Language

Social Media