POTENSI TERSEMBUNYI

Baca: 1 Samuel 17:31-39


Bacaan tahunan: 2 Tesalonika 1-3

Dalam dunia sepakbola, dikenal istilah talent scouts, yakni bagian dari tim kepelatihan klub yang bertugas mencari pemain belia dengan kemampuan di atas rata-rata. Tak jarang, mereka jeli melihat kehebatan para atlet belia sebelum disadari oleh publik. Ketika pemain itu berhasil diyakinkan untuk bergabung dengan klubnya, ada kesempatan baginya menjadi pemain cemerlang kelas dunia.

Terkadang orang berpikir bahwa Daud dipilih menjadi raja Israel karena keberhasilannya dalam mengalahkan Goliat. Sebenarnya, peristiwa itu hanyalah momentum yang melejitkan namanya di mata bangsa Israel. Potensi besar Daud sebenarnya sudah ada sejak ia dipercaya menggembalakan ternak ayahnya. Sekelumit cerita Daud di hadapan raja Saul menunjukkan bahwa dirinya bukanlah orang muda sembarangan. Ia tergolong pemuda pemberani, setia, dan bertanggung jawab. Ia bahkan siap bertaruh nyawa untuk menjaga ternak ayahnya. Potensi yang tak terendus oleh Samuel ketika hendak memilih raja dari antara keturunan Isai, tetapi tetap terbidik oleh penglihatan Allah.

Sampai hari ini, rencana Allah terbukti tak pernah salah dalam mengenali potensi seseorang dan melejitkan orang itu untuk menggenapi rencana-Nya di muka bumi. Dia pun dapat mengenali potensi terdahsyat dalam diri kita, lalu mengurapi dan memampukan kita memaksimalkan potensi tersebut. Maukah kita dipakai oleh-Nya untuk menggenapi rencana-Nya melalui potensi kita, sama seperti Dia memakai seorang Daud? --GHJ/www.renunganharian.net


ALLAH TAK PERNAH KELIRU DALAM MENILAI POTENSI DALAM DIRI ANAK-ANAK-NYA.


Comments powered by Disqus

Navigation

Change Language

Social Media